Cinta ditolak, Dukun Bertindak

Sunday 2 November 2014

Gejala Kekurangan Vitamin C Dalam Tubuh

Vitamin C adalah nutrisi yang sangat penting bagi tubuh karena fungsinya yang sangat besar bagi kesehatan. Fungsi vitamin C antara lain meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah flu. Kekurangan vitamin C dalam tubuh dapat mengakibatkan beberapa penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

Gejala Kekurangan Vitamin C Dalam Tubuh

Penyakit yang paling umum terjadi akibat kekurangan vitamin C adalah penyakit kudis yang terjadi karena tubuh kekurangan kolagen sebagai akibat rendahnya kadar vitamin C. Sariawan, gusi berdarah dan kulit kering juga merupakan indikasi tubuh kekurangan vitamin C.

Para peneliti juga telah mempelajari kaitan antara defisiensi vitamin C dengan masalah neurologis. Masalah neurologis, fisiologis dan psikologis yang ekstrim akibat kekurangan vitamin C tersebut berangsur-angsur membaik setelah kebutuhan vitamin C terpenuhi dengan meningkatkan asupannya. Obat yang paling sederhana adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin C antara lain jeruk, lemon, limau, kubis, kembang kol, asparagus, brokoli dan lainnya.

Gejala Kekurangan Vitamin C

Selain beberapa hal di atas, tubuh yang kekurangan vitamin C juga dapat ditandai oleh gejala seperti berikut ini:

1. Kekurangan energi yang kronis, kelemahan dan depresi
Kekurangan vitamin C bahkan juga dapat mempengaruhi kekuatan tulang. Tingkat vitamin C yang rendah juga dapat menyebabkan penurunan berat badan secara drastis.

2. Pendarahan gusi, gigi tanggal, atau gingivitis
Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan kolagen yang diperlukan untuk membangun dan memelihara jaringan gigi dan gusi. Vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh untuk mensintesis kolagen.

3. Perubahan suasana hati
Orang yang kekurangan vitamin C, moodnya mudah sekali berubah-ubah, gampang emosi, dan mudah marah.

4. Kulit memar
Kulit yang mudah memar dan membutuhkan waktu yang lama untuk pulih, bisa menjadi indikasi kekurangan vitamin C. Lambatnya penyembuhan luka ringan secara alami oleh tubuh juga menunjukkan bahwa kadar vitamin C dalam tubuh kurang memadai.

5. Nyeri sendi
Nyeri sendi atau tungkai yang kronis merupakan tanda-tanda kain yang mengindikasikan bahwa tubuh kekurangan vitamin C. Kadang-kadang penyakit kudis yang parah juga dapat menyebabkan pendarahan di dalam sendi dan menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan.

6. Anemia
Anemia adalah tanda lain dari kemungkinan kekurangan vitamin C. Orang yang kekurangan vitamin C juga gampang jatuh sakit karena sistem kekebalan tubuhnya melemah.

Oke, itu dia beberapa gejala akibat kekurangan vitamin C dalam tubuh. Jangan lupa baca juga artikel mengenai gejala kelebihan vitamin C yang sudah kami publikasikan sebelumnya.