Cinta ditolak, Dukun Bertindak

Thursday 15 May 2014

Macam-macam Penyakit Kulit

Penyakit Kulit merupakan suatu penyakit yang menyerang kulit di permukaan tubuh, dan disebabkan oleh berbagai macam bakteri. Kadang kala, penyakit kulit timbul karena kesalahan penderita sendiri, misalanya kurang menjaga kesehatan kulit dengan baik. Sehingga setelah mendapatkan penyakit yang tidak di inginkan baru si penderita sadar akan apa yang dia lakukan.

Macam-macam Penyakit Kulit

Jenis-jenis Penyakit Kulit

1. Eksim
Eksim biasanya timbul karenakan alergi pada zat kimia spesifik layaknya yang ada didalam detergen, sabun, obat-obatan serta kosmetik, kepekaan pada type makanan spesifik layaknya udang, ikan laut, telur, daging ayam, alkohol, vetsin, dan sebagainya.

Tanda-tanda Eksim yaitu rasa gatal yang terlalu berlebih pada kulit dibarengi dengan kulit memerah, bersisik serta pecah-pecah.

2. Bisul
Bisul adalah infeksi kulit berbentuk benjolan yang terlihat memerah, dan benjolan ini berisi nanah, serta terasa panas. Bisul dapat tumbuh di seluruh bagian tubuh, terutama bagian tubuh yang lembab, seperti pantat, ketiak, kadang juga di kepala.

Bisul tumbuh dikarenakan ada infeksi bakteri stafilokokus aureus pada kulit, kurangnya kebersihan kulit, akibat luka yang terinfeksi, serta penggunaan bahan kimia.

3. Campak
Campak yaitu penyakit akut menular yang dikarenakan oleh virus, umumnya menyerang anak-anak. Tanda-tanda awal campak yaitu demam, pilek, bersin, badan merasa lesu, sakit kepala, serta muncul bercak-bercak merah di kulit. Campak sendiri sama halnya Cacar air, untuk mengurangi gatal bisa menggunakan bedak yang mengandung menthol.

Kandungan menthol yang ada pada bedak akan memberikan rasa atau sensasi dingin pada kulit sehingga rasa gatal sedikit berkurang. Namun jika kulit penderita sangat sensitif maka dianjurkan untuk menggunakan bedak yang tidak mengandung menthol.

4. Kudis
Kudis yaitu penyakit yang dikarenakan oleh parasit sarcoptes scabiei var hominis. Tanda-tanda penyakit kudis biasanya permukaan kulit terasa gatal, kemerahan dan biasanya ada infeksi sekunder, misalnya akibat bakteri.

Penyakit kudis mudah menular, biasanya melalui media pakaian, handuk, seprei, selimut, dan lain-lain.

5. Kurap
Penyakit kurap muncul karena infeksi jamur yang terjadi pada kulit yang disebabkan oleh beberapa jamur dermatofita yang terbagi menjadi tiga genus, yaitu Trychopyton, Microsporum, dan Epidermophyton.

Umumnya gejalanya timbul dikarenakan kurang melindungi kebersihan kulit, sehingga kulit akan tampak bersisik dan pinggirannya membentuk garis berwarna kemerahan.

6. Jerawat
Jerawat atau acne adalah penyakit atau gangguan pada kulit yang disebabkan aktivitas hormon pada kelenjar minyak kulit (sebaceous glands, kelenjar sebasea), yang menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit dan pecahnya lesi. Lesi jerawat ini biasanya muncul di wajah, leher, pundak, punggung dan dada. Jerawat sebenarnya adalah penyakit yang sudah sangat lazim.

Namun demikian, meski umumnya jerawat tidak memberikan ancaman serius terhadap kesehatan, jerawat yang parah dapat meninggalkan titik-titik menyerupai noda noda pada kulit dan bekas luka permanen, yang tentu sangat menjengkelkan bagi penderitanya.

7. Panu
Panu merupakan jenis penyakit kulit yang sangat memalukan. Faktor penyebab utama yaitu tubuh yang kotor, kulit berminyak, kulit yang sering berkeringat sehingga lembab yang membuat jamur tumbuh dengan subur yang membuat Anda gatal. Panu itu bisa menular, sehingga harus waspada terhadap cara penularannya. Jika Anda menggunakan handuk atau sabun bersama dengan orang yang memiliki panu maka peluang terkana panu sangat besar.

Dengan masalah kulit yang mengganggu ini tentunya mengurangi rasa percaya diri anda, terutama dengan panu yang tumbuh di daerah yang terlihat.



Sebenarnya masih banyak tentang penyakit kulit lainya, akan tetapi penyakit kulit di atas merupakan penyakit kulit yang sering dialami semua orang.

Demikian artikel tentang Macam-macam Penyakit Kulit, semoga menambah pengetahuan bagi kita semua.