Cinta ditolak, Dukun Bertindak

Saturday 23 August 2014

Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehaatan, Buah belimbing wuluh adalah buah yang berasal dari benua Amerika, namun ada yang mengatakan dari Kepulauan Malaka. Saat ini belimbing wuluh sudah berkembang di negara Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar dan Malaysia.

Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Nama dari belimbing, tiap daerah berbeda-beda ada yang mengatakan belimbing sayur, belimbing buluh, belimbing asam atau belimbing wuluh. Buah Belimbing Sayur memiliki rasa yang asam, paling sering digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran ramuan jamu.

Bentuk pohon belimbing wuluh
Pohon buah belimbing wuluh dapat tinggi hingga mencapai 5-10m. Batang utamanya pendek dan cabangnya rendah. Batangnya bergelombang (tidak rata). Daunnya majemuk, berselang-seling, panjang 30-60 cm dan berkelompok di ujung cabang. Pada setiap batang daun terdapat 11 sampai 37 anak daun yang kecil kecil, berselang-seling atau setengah berpasangan. Anak daun tersebut berbentuk oval dan panjan sekitar 3 sampai 5 cm.

Kandungan yang terdapat pada belimbing wuluh

Tanaman ini kaya akan kandungan yang dapat dimanfaatkan untuk tubuh kita diantaranya adalah saponin, kalsium oksalat, tanin, glukosid, sulfur, peroksida, asam format, peroksida dan kalium sitrat. Di cina tanaman ini dekenal sebagai tanaman yang dapat menghilangkan rasa sakit, antiradang, memperbanyak pengeluaran empedu dan peluruh kencing.
Manfaat belimbing wuluh sebagai obat

Setelah anda mengetahui kandungan yang terdapat pada buah belimbing wuluh seperti di atas maka dari kandungan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal yang berkhasiat. Berikut manfaat dari buah belimbing wuluh.

1. Obat Batuk
Terdapat dua cara untuk mengatasi masalah penyakit batuk, dengan menggunakan belimbing wuluh ini. Yang pertama, rebus daun, bunga, dan buah belimbing wuluh dalam jumlah yang sama dalam air yang mendidih selama setengah jam. Minum airnya.

Sedang untuk cara kedua, ambil segenggam daun belimbing wuluh, segenggam bunganya, serta dua buah belimbing wuluh. Rebus dengan 2 gelas air bersama gula batu hingga airnya sisa setengah. pastikan anda rutin mengkonsumsinya setiap hari dan 1 hari minum 2 kali.

2. Diabetes
Ambil 6 buah belimbing wuluh untuk dilumatkan lalu direbus dengan segelas air hingga sisa separuhnya. Agar bisa tahu efeknya. pastikan anda rutin mengkonsumsinya setiap hari dan 1 hari minum 2 kali.

3. Sakit Gigi
Ambil 5 buah belimbing wuluh kemudian bersihkan dan makan dengan mencampuran garam. Ulangi beberapa kali sampai hilang rasa sakitnya.

T4. ekanan darah tinggi
Siapkan 3 buah belimbing wuluh dan biji srigading 25 gr yang sudah dicuci bersih. Biji srigading ditumbuk halus. Masukkan ke dalam panic berisi 4 gelas air dan rebuslah bersama belimbing wuluh. Dinginkan lalu saring sebelum diminum. Cukup diminum 1 gelas sehari.

Buah yang besar dan berwarna hijau diparut, ambil airnya dan diminum. Atau bisa juga dengan cara menyiapkan 3 buah belimbing wuluh yang dicuci lalu dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tinggal tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum setelah makan pagi.

10 buah belimbing wuluh, 1 jari rimpang kunyit, ¼ genggam daun meniran, 3 jari labu air, 3 jari gula enau, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, lalu rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin saring dan diminum. Sehari 3 x ¾ gelas.

5. Pegal linu
Ambil 1 genggam daun belimbing wuluh yang masih mudah dan segar, 10 biji cengkeh, 15 biji lada, digiling halus lalu ditambahkan cuka secukupnya. Lumurkan ketempat yang sakit.

6. Panu
Ambil 10 buah belimbing wuluh yang masih bagus, dicuci lalu digiling halus, tambahkan kapur sirih sebesar biji asam, diremas sampai rata. Ramuan ini dipakai untuk menggosok kulit yang terserang panu. Lakukan 2 kali sehari.
Manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan

Selain untuk mengobati penyakit atau kesehatan ternyata buah belimbing juga baik untuk kecantikan yaitu sebagai obat jerawat. Selain itu buah belimbing wuluh sangat baik untuk kaum hawa, karena buah belimbing wuluh bisa untuk menghaluskan kulit badan serta mencerahkan kulit secara alami, tentunya dengan biaya yang murah dan tidak ada efek samping.

Maka dari itu, sangat disarankan anda semua mengkonsumsi buah belimbing wuluh ini setiap hari. Kalau anda tidak tahan dengan rasa asamnya, kan bisa dicampurkan kemakanan sebagai bumbu masakan.

Manfaat daun belimbing wuluh sebagai obat

Selain buahnya daun dan bunga belimbing wuluh juga bermanfaat untuk obat herbal yang pastinya tanpa efek samping. Berikut manfaat bunga dan daun belimbing wuluh.

1. Sakit Gondongan
Ambil setengah genggam daun belimbing wuluh yang masih segar dan tumbuk bersama dengan 3 bawang putih. Kompreskan pada bagian yang gondongan dan lakukan secara rutin agar cepat sembuh.

2. Rematik
Cuci segenggam daun belimbing wuluh yang masih segar. Tumbuk sampai halus dan tambahkan kapur sirih lalu gosokkan ke bagian yang sakit. Lakukan secara rutin agar cepat sembuh.

3. Sariawan
Rebus 10 kuntum bunga belimbing wuluh yang masih bagus dan segar, asam jawa, dan gula aren dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 3/4 bagian. pastikan anda rutin mengkonsumsinya setiap hari dan 1 hari minum 2 kali.

Dari sekian banyak manfaat yang terkandung dalam buah belimbing wuluh ini. Sangat tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi belimbing wuluh ini bagi seseorang menderita sakit maag atau rentan terkena sakit maag.